Home Sports Jatah Inggris di Kompetisi Eropa Musim Depan

Jatah Inggris di Kompetisi Eropa Musim Depan

169
0
SHARE
Manchester United's Wayne Rooney celebrates scoring during the Barclays Premier League match at Old Trafford, Manchester.

Inggris punya peluang menempatkan lima klub di Liga Champions. Siapa saja wakil Premier League yang akan main di kompetisi teratas itu? Siapa juga yang akan menjadi juara kompetisi eropa musim depan?

Menjelang pekan pamungkas Premier League, dua jatah Inggris ke Liga Champions masih jadi rebutan. Manchester City, Liverpool, dan Arsenal masih berjuang merebut posisi tiga dan empat klasemen akhir.

Klub lain yang bisa ‘nimbrung’ main di Liga Champions adalah Manchester United. Meski sudah dipastikan tak akan menembus empat besar, ‘Setan Merah’ bisa main di Liga Champions asal mereka menjuarai Liga Europa. Ajax Amsterdam jadi satu-satunya halangan MU untuk meraih target tersebut.

Hal pertama yang perlu diketahui tentang bagi-bagi tiket ke kompetisi Eropa ini adalah jumlah jatah klub Inggris. Secara natural Premier League mendapat empat tiket ke Liga Champions dan tiga tiket ke Liga Europa.

Tiket Liga Champions diraih berdasarkan posisi klasemen (1-4), dan klub yang menjuarai Liga Europa. Sementara jatah ke Liga Europa akan diraih oleh penghuni posisi lima, juara Piala FA, dan juara Piala Liga Inggris.

Tapi pembagian tiket ke Liga Champions dan Liga Europa tidak sesederhana itu. Posisi akhir klasemen, siapa klub juara Piala FA, dan siapa klub juara Piala Liga Inggris akan memengaruhi proses bagi-bagi tiket ke kompetisi Eropa.

Piala FA, Piala Liga Inggris dan Pengaruhnya pada Jatah Klub Inggris di Liga Europa

Final Piala FA musim ini mempertemukan Chelsea dengan Arsenal. Sang juara akan mendapat tiket ke Liga Europa.

Karena Chelsea (juara Liga Inggris) dan Arsenal (posisi 4 atau 5) sudah lolos ke kompetisi Eropa berdasarkan posisi mereka di klasemen, maka jatah itu akan dialihkan pada tim yang berada di posisi enam klasemen.

Saat ini posisi enam jadi milik Manchester United. Menariknya, MU sudah dapat tiket ke Liga Europa sebagai juara Piala Liga Inggris. Nah, jatah MU ke kompetisi Eropa sebagai juara Piala Liga diserahkan pada posisi tujuh, yang saat ini sudah dikunci oleh Everton.

Bagaimana jika MU ternyata lolos ke Liga Champions dari jalur sebagai juara Liga Europa? Dikutip dari SkySports, jumlah wakil Inggris tidak akan bertambah. Hanya komposisinya saja yang berubah: dari sebelumnya 4 Liga Champions dan 3 Liga Europa menjadi 5 Liga Champions dan 2 Liga Europa.

Wakil Inggris di Kompetisi Eropa

Liga Champions: Chelsea, Tottenham Hotspur
Berpeluang ke Liga Champions: Manchester City, Liverpool, Arsenal, Manchester United

Liga Europa: Everton
Berpeluang ke Liga Europa: Arsenal, Manchester United

Siapa Masuk saja yang masuk di kompetisi eropa musim depan , dan Fase Apa?

– Posisi 1-3 Klasemen: Fase grup Liga Champions.
– Posisi 4 Klasemen: Fase Playoff Liga Champions
– Posisi 5 Klasemen: Fase grup Liga Europa
– Juara Piala FA: Fase grup Liga Europa.
– Juara Piala Liga Inggris: Kualifikasi ketiga Liga Europa
– Juara Liga Europa: Paling tidak fase playoff Liga Champions

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here