Home Berita Unik Bayar TOL Wajib Memakai Uang Elektronik (E-Money) Mulai 31 Oktober Nanti

Bayar TOL Wajib Memakai Uang Elektronik (E-Money) Mulai 31 Oktober Nanti

79
0
SHARE

bhinekanews – Bayar TOL Wajib Memakai Uang Elektronik (E-Money) Mulai 31 Oktober Nanti

Guna mempercepat transaksi di gerbang tol, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) mulai mewajibkan pembayaran nontunai menggunakan kartu uang elektronik atau e-toll. Aturan ini mulai dijalankan Oktober 2017.
“Kita imbau cashless mulai Oktober 2017. Setelah itu tidak bisa lagi bayar pakai cash,” kata Anggota Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kuncahyo saat ditemui di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Rabu (14/6).
Aturan penggunaan e-toll baru dijalankan untuk 35 ruas tol yang telah memiliki fasilitas pembayaran tol non tunai. Kebijakan ini merupakan tindak lanjut dari kesepakatan yang telah ditandatangani antara Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. Tujuannya adalah untuk mengurangi kemacetan di jalan tol.
Sementara itu mengenai sosialisasi kepada masyarakat, BPJT sudah rutin melakukannya lewat iklan dan media sosialisasi lainnya sejak tahun lalu.
“Sosialisasi sudah kita lakukan dari tahun lalu. Lewat iklan lewat mana-mana. Sosialisasinya soal sistemnya gimana, kartunya gimana. Makanya kita minta wartawan bantu sebar informasinya juga,” jelasnya.
Untuk itu, Kuncahyo menyarankan agar pengguna tol segera memiliki kartu e-toll. Lantas bagaimana dengan pengguna tol yang belum memiliki kartu e-toll tapi sudah masuk ke gerbang tol?
“Kalau ada yang sudah mau masuk tol dan masih pakai uang tunai, ya kita suruh mundur untuk beli e-toll,” ujar dia.
Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here